Headset atau Earphone di Tempat Umum

Thursday, October 10, 2013

Semua pasti tahu apa itu headset atau earphone. Benda yang dipasang dengan ditempel ataupun dimasukkan ke telinga untuk membantu kita mendengar suara lebih jelas. Biasanya kita memakai headset ini agar suara yang ingin kita dengar tidak diketahui orang lain. Lebih private. Tapi, apa yang terjadi jika suara yang keluar dari headset juga terdengar oleh orang lain? Tentu sangat mengganggu.

Seperti yang saya alami kemarin waktu naik APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway). Orang di sebelah saya dengan asyiknya mendengarkan lagu, sementara saya yang ingin memejamkan mata sejenak terganggu dengan suara yang lumayan keras terdengar dari headset tersebut. Sebenarnya orang tersebut sadar ga sih kalau lagu yang dia putar suaranya terdengar juga oleh saya? Saya yang tidak memakai headset saja merasa suara tersebut terlalu kencang, bagaimana dengan dia yang memakai headset?

Satu lagi hal yang membuat saya merasa prihatin. Kenapa suara yang sering terdengar dari headset yang mereka dengarkan adalah musik atau lagu-lagu bukan murottal atau kajian, padahal mereka adalah muslim. Kalau saja musik itu dinikmati oleh mereka sendiri sih tidak mengapa. Tapi kalau orang lain ikut mendengar, apa tidak mengganggu? Belum tentu orang lain suka. Jadi, sebaiknya pastikan kita memakai headset yang bagus, sehingga suaranya tidak sampai terdengar orang lain. Bukankah tujuan kita memakai headset untuk itu?

You Might Also Like

0 comments