Berandal Jalanan atau Tukang Tebeng Ilegal?

Tuesday, October 22, 2013

Berandal Jalanan?
Ehm...benar tidak ya sebutan ini. Mereka kadang kita temui di jalan raya besar maupun di jalan pedesaan. Mereka suka menghentikan kendaraan berupa mobil bak terbuka atau truk untuk kemudian naik di belakang tanpa ataupun dengan permisi ke pak sopir dan biasanya mereka itu berombongan.
Sore tadi saya lihat mereka dari kaca jendela halte bus transjakarta. Salah satu dari rombongan sudah berdiri di tengah jalan. Sempat sekali menghentikan mobil truk terbuka kemudian memanggil temen-temennya yang telah bersiap-siap di pinggir jalan tapi kemudian gagal naik karena tidak semua temennya berhasil naik. Setelah itu di belakang ada mobil truk, baru kemudian mereka berhasil naik semua.
Dulu waktu saya masih sekolah, di Madiun, saya sering menjumpai hal demikian. Biasanya yang suka 'nebeng' itu anak-anak sekolah yang pulangnya udah sore banget trus tidak ada angkutan umum yang lewat. Jadi daripada pulang kemaleman mereka 'nebeng' alias numpang sopir truk. Saya sendiri juga pernah. Tapi, habis itu pasti dimarahi bapak karena anak cewek ga pantes ngikut-ngikut gitu. Asal tahu saja, jarak dari sekolah ke rumah kami itu jauh dan melewati hutan pohon jati. Jadi kalau tidak ada angkutan umum lagi terpaksa kami nebeng truk.
Kalau yang tadi saya lihat itu gimana ya?   

You Might Also Like

0 comments