Tapi Bunda Bantuin Aku Ya....

Thursday, November 02, 2017

Jujur deh bu, menjadi ibu itu apalagi yang anaknya masih balita susaaah banget dapat me time. Mandi bisa 2x sehari aja syukur. Soalnya kemana-mana suka dikawal sama yang kecil. Biasanya kalau saya mau mandi nunggu si kecil bobo dulu, kalau ga minta tolong ke si kakak buat jagain adiknya selama saya mandi. 

Seperti hari ini tadi.
"Kak, bunda mau mandi. Kakak tolong ajak Akhdan main dulu ya..."
(Fyi, saya biasa mandi pagi setelah semua pekerjaan domestik kelar.)
"Iya bunda..."
Lalu tak lama dia teriak, "Akhdan. Sini maen sama kakak nih di kamar."
Saya lalu berpesan, "Kak, jagain dulu ya dedeknya. Jangan sampai dia tahu kalau bunda ke kamar mandi, nanti ikut masuk. Ya kak ya?" (dengan wajah memelas)
"Iyaaaa..." 

Lalu kembali teriak. "Akhdan! Sini maen sama kakak!"
Yang dipanggil lalu kucluk-kucluk dateng. Saya amati sambil ngintip.
Eh....tiba-tiba. Gebrak! Pintu ditutup dengan kenceng.

Khawatir terjadi apa-apa nanti di dalam kamar, saya kembali berpesan. Sambil ketuk pintu saya bilang "Kak..., ga usah main lompat-lompatan ya...nanti Akhdan ikutan. Mainnya di lantai aja ya... Sambil diawasi ya kak adeknya. Ok?"
"Iyaaa."
Ok, paham nih brarti dia pesannya.

Selesai mandi, saya langsung ke kamar anak-anak bermain. Ketuk pintu dulu dong. Mencontohkan anak-anak untuk ketuk pintu dulu sebelum masuk kamar siapa aja, tujuan utamanya. 
Eng ing eng.... Mereka memang anteng main berdua, tidak bertengkar seperti yang biasanya. Tapi....

Astaghfirullah... Berantakan semuanya. Seprai udah copot dipakai bikin tenda-tendaan, boneka, buku, kertas-kertas berceceran dimana-mana. 
"Kak, bunda bilang apa?" (dengan intonasi rendah, badan lemas). Gimana ga lemes, baru aja kelar pekerjaan rumah. Lha ini ada lagi pekerjaan baru. 

Dengan polosnya si kakak menjawab, "Iya, nanti aku beresin. Tapi ini gara-gara Akhdan sih... Dia tuh yang berantakin."
"Tapi kak, Akhdan kan masih kecil. Dia belum ngerti, jadi kakak bantuin beresin ya?" Mikir dia, lalu bilang "Yaa...tapi bunda bantuin aku beresin ya..."

Dalam hati, lhaaa...ini mah sama aja bundanya lagi bundanya lagi.
PR banget memang masalah beresin kamar ini. Faiza belum 100% ngelakuinnya. Ada aja alasan. Kadang bilang capek di tengah jalan. Kadang bilang mau ini dulu lah, itu dulu lah. Jadinya...bundanya yang ga betah nungguin lalu beres-beres lagi, beres-beres lagi.


#Tantangan10Hari
#Level1
#Harike1
#KuliahBunSayIIP
#KomunikasiProduktif

You Might Also Like

0 comments