Bisnis IT Paling Prospektif

Wednesday, May 11, 2011

Menurut saya, bisnis IT yang paling prospektif saat ini adalah bisnis online, internet atau internet marketing. Mengapa? Karena adanya teknologi internet telah mengubah kebiasaan masyarakat saat ini dalam mencari informasi dan berbisnis.

Contohnya begini, ketika kita ingin mencari sesuatu entah itu barang, artikel atau informasi apapun, kemudian kita bertanya pada teman kita, jawaban yang sering saya dapatkan adalah... "cari saja di mbah google" atau "liat di internet aja.." atau kadang-kadang "buka aja alamat ini..." (sambil menunjukkan alamat situs tertentu).


Hebatnya lagi, internet juga memberikan informasi lain yang terkait dengan informasi yang kita butuhkan (kata kunci yang kita berikan).

Dan memang benar, ketika saya mencari di internet, apapun informasi yang saya inginkan pasti ditemukan. Mulai dari info jadwal keberangkatan KRL, booking pesawat, berita-berita terbaru, sampai harga berbagai macam barang (handphone, elektronik, dll). Di era seperti ini, apapun bisnisnya, INTERNET tempat jualannya.

Oleh karena itu, menurut saya bisnis online atau bisnis lewat internet mempunyai potensi yang bagus untuk dikerjakan. Berikut beberapa pertimbangannya:

1. Bisnis ini memiliki modal yang relatif kecil, bahkan bisa juga tanpa modal sama sekali. Selain modal untuk pembelian barang dagangan, kita hanya perlu terhubung ke jaringan internet, bisa lewat modem atau handphone (nah lho?! jangan salah, hp skrg canggih-canggih..).

2. Kita cukup membuat suatu situs, bisa berupa blog khusus sebagai toko online kita. Nah, lagi-lagi minim modal kan? Coba bandingkan kalau kita membuka toko barang dagangan. Tentunya kita butuh sewa tempat, biaya renovasi, furniture, dll.

Toko online ini, selain bisa dibuat melalui suatu blog khusus, sekarang kita juga bisa memanfaatkan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, multiply, dll.
Ada kelebihannya juga kalau kita memakai situs jejaring sosial seperti itu untuk mempromosikan bisnis kita. Pertama, situs jejaring sosial memungkinkan kita terhubung dengan beberapa teman sekaligus. Jadi, sekaligus merupakan promosi gratis untuk kita.

3. Target pemasaran menjadi luas. Maksudnya begini, ketika seseorang secara iseng ataupun dengan sengaja mencari suatu produk tertentu dengan key atau kata kunci yang telah diketikkan di search engine, maka search engine akan memberikan hasil beberapa deretan alamat blog yang memuat kata kunci yang diketikkan oleh orang tersebut. Nah, dalam hal ini tentunya jika blog kita bisa dicari lewat mesin pencari tentu alamat blog kita juga akan muncul.
Jika kemungkinan blog kita yang diklik, maka orang tersebut akan mengeksplore situs kita, dan tentunya orang ini menjadi target pemasaran kita juga (kita punya harapan bahwa orang tersebut akan membeli barang yang kita tawarkan).

4. Resiko relatif kecil. Jadi, sepahit-pahitnya jika kita merugi dalam bisnis ini, kerugiannya tidak terlalu besar dibandingkan dengan yang memiliki toko (secara fisik).

5. Kecenderungan masyarakat saat ini yang cenderung malas keluar dan mengantri belanja di luar. Jadi, jika ada toko online yang menyediakan kebutuhan yang sama dengan toko fisik, tanpa harus keluar rumah dan malah diantar ke rumah, tentunya mereka lebih memilih fasilitas ini. Ibaratnya, dengan sekali klik, barang bisa sampai di rumah. Kita hanya perlu melakukan pembayaran, bisa lewat transfer bank ataupun COD (Cash On Delivery).
Contohnya saya, saya sekarang lebih suka belanja online daripada keluar rumah. Selain karena jalanan macet, belanja online juga lebih mudah.

Itu mungkin beberapa pendapat saya mengenai bisnis yang prospektif. Percaya saja, jika kita lakukan dengan niat baik dan sungguh-sungguh, bisnis yang kita kerjakan pasti akan mendatangkan keuntungan. Mungkin pada awalnya kita merugi. Tapi anggap saja itu sebuah pembelajaran bagi kita kedepannya untuk lebih baik.

You Might Also Like

0 comments