Catatan Kuliah

Ikhtisar Jurnal Umum berjudul "Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya"

Tuesday, January 11, 2011

Judul Jurnal Umum:
Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya

Pengarang:
Soedjono, Staf Pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Tujuan penelitian antara lain untuk mengkaji:
a. pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja organisasi pada terminal penumpang umum di Surabaya
b. pengaruh kinerja organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada terminal penumpang umum di Surabaya
c. pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada terminal penumpang umum di Surabaya
d. pengaruh tidak langsung budaya organisasi melalui kinerja organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada terminal penumpang umum di Surabaya

Manfaat yang ingin dicapai dari penelitian tersebut sebagai berikut:
a. Bagi Ilmu Pengetahuan
1. memberikan kontribusi terhadap perkembangan khasanah ilmu pengetahuan, artinya dapat memperkuat teori-teori tentang telaah budaya organisasi, kinerja organisasi dan kepuasan kerja karyawan maupun untuk merespon penelitian terdahulu
2. menambah referensi bagi peneliti lain yang ingin meneliti tentang kemungkinan faktor-faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap kinerja organisasi dan kepuasan kerja karyawan terutama dalam pelayanan jasa terminal penumpang umum

b. Bagi Pihak Manajemen Terminal
Menjadi bahan masukan bagi pihak manajemen terminal penumpang umum, bagaimana membangun budaya organisasi yang kuat, dimana dengan budaya organisasi yang kuat tersebut dapat meningkatkan kinerja organisasi dan kepuasan kerja karyawan, sehingga loyalitas dan produktifitas kerja meningkat. Dengan demikian diharapkan fungsi pelayanan publik dan sumber pendapatan asli daerah dapat ditingkatkan.


Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survey, sample dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.
Data primer adalah data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti melalui kuesioner sejumlah 64 item pertanyaan yang dibagikan kepada karyawan yang sudah mempunyai masa kerja tiga tahun di lima terminal angkutan umum di Surabaya.
Data sekunder adalah data yang diambil dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Lokasi penelitian adalah lima terminal angkutan umum di Surabaya yaitu:
1. kantor terminal
2. UPTD Purabaya
3. UPTD Tambak Oso Wilangun
4. UPTD Joyoboyo dan
5. UPTD Bratang.

Kesimpulan dari hasil penelitian antara lain sebagai berikut:
1. budaya organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja organisasi
2. kinerja organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja karyawan
3. budaya organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja karyawan
4. budaya organisasi melalui kinerja organisasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan

Source: jurnal-16128